Jas Merah Kampus Putih, UMM

1472183760553Universitas Muhammadiyah Malang atau yang biasa disebut dengan UMM, UnMuh bediri pada tahun 1964. Kampus ini juga biasa disebut Kampus Jas Merah Kampus Putih.  Kampus swasta ini berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah yang sebagai salah satu Amalan Usaha Muhammadiyah (AUM). UMM sendiri dikenal sebagai organisasi non-politik terrtua dan terbesar dalam mengembangkan amal usahanya di Indonesia. UMM sendiri merupakan salah satu dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

UMM memiliki visi yakni menuju The Real University, maksudnya visi kampus ku ini adalah menjadi universitas yang sebenar – benarnya. Banyak banget prestasi yang udah digaet oleh kampus kebanggaan Generasi Baru Jas Merah ini. Beberapa diantaranya adalah, Kopertis Wilayah VII Jawa Timur memberi penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) delapan tahun berturut – turut (sejak tahun 2008-2015). Ketika menerima AKU yang ke-3 dan ke-6, kampus ku ini juga sekaligus menyandang “AKU Kartika”.

Akreditasi UMM yang semula BAN-PT berubah menjadi Terakreditasi A pada tahun 2013. Hal ini sangat membanggakan, karena tidak semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta belum terakdretasi. Itu berarti, UMM kami ini sejajar dengan beberapa perguruan tinggi besar negeri ini.

Jauh hari sebelumnya, UMM ditunjuk oleh Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Indonesian Promising Universities. Dalam berbagai survey dan penilaian berbagai pihak, UMM juga menempati posisi 5 hingga 12 besar universitas terbaik untuk negeri maupun swasta. Prestasi itu didukung oleh pencapaian yang bersifat individu maupun kelompok, baik oleh dosen maupun mahasiswa, yang sering menjadi juara dalam berbagai kompetisi bergengsi.

UMM memiliki beberapa fasilitias, diantaranya rumah sakit, hotel, bengkel, SPBU, bookstore, masjid, dome, dan pembangkit listrik. Tak jauh dari UMM, terdapat Taman Rekreasi Sengkaling yang juga dikelola oleh UMM. UMM memiliki 3 kampus, Kampus I dikonsentrasikan untuk Program Pascasarjana, Kampus II untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, sedangkan Kampus III adalah kampus pusat yang dijadikan pusat untuk seluruh aktivitas dan  selain program studi Kampus I dan Kampus II.

Leave a Reply