It’s Me

           IMG_20160215_121051[1]

           Annyeonghaseyo yeorobun (halo semua)~ kenalin nih, namaku Fitria Jayanti kalian boleh manggil aku Fitri atau Fay ─ ini panggilanku di tim dance ─. I’m still young, 18 years old hehe. Aku lahir di Malang, besar di Malang, sekolah, kuliah dan nge dance di Malang. Tepatnya 5 Februari 1998 Aku punya satu kakak perempuan yang umurnya 7 tahun lebih tua dari aku. Terlahir di keluarga yang profesinya seorang buruh tani membuatku tahu cara bercocok tanam yang baik, juga yang kental akan kesenian. Bapak dan almarhum kakekku suka banget dengan wayang dan ludruk, ibuku suka dengan tari tradisional dan sholawat, serta kakak perempuan dan kakak iparku menyukai sholawat. How about me? I’m really like Hiphop dance, Hiphop music, K-pop, and dance cover hahaha.

Aku ini orangnya, kalau baru pertama kali lihat dan belum kenal pasti orang lain akan mengira kalau aku ini orang yang nyeremin, cuek, sinis, dan belagu. Pernah tuh waktu MOS SMK, ada temenku yang bilang kalau aku ini tipe orangnya kayak yang di atas, jadi dia mau ngajak aku ngobrol takut – takut berani gitu kan ane sedih.( ╥_╥ ). Padahal aku ini orangnya biasa aja, friendly, jahil, dan sedikit gesrek hahaha. Jadi kalau kalian mau temenan sama aku jangan takut ya… Aku juga paling suka sama yang namanya rambut pendek dengan model cowok, karena itu bikin aku cepet buat prepare kalau kemanapun dan gak boros shampoo

Passion ku adalah dance. Kenapa aku bilang passion? Karena menurutku dance bukanlah sekedar hobi, dance adalah mimpiku juga. Mungkin ada yang pernah bilang kalau dance itu nggak akan bisa menghasilkan uang. Kata siapa? Hello, kalau kalian sudah ber skill uang akan datang ke kalian dengan cara menang di berbagai dance competition atau bisa menjadi instruktur ekskul dance di sekolah – sekolah atau bahkan menjadi juri di salah satu dance competition.

Bicara soal dance, banyak sekali style dari dance itu sendiri. Ada hiphop (yang aku pelajari sekarang), krumping, waacking, locking, popping, dan b-boy. Untuk tiap style tentu berbeda basic nya. Contohnya aja nih hiphop, kalian harus belajar yang namanya bounce, wave, pop, hit, fast low, boogie lost, slide, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling wajib adalah bounce dulu, karena semua gerakan hiphop itu dasarnya adalah bounce.

Dance cover, pernah denger gak? Basically, dance cover itu sebenarnya sama aja kayak dance yang lain hanya yang membedakannya adalah kalian harus meng cover koreo dari artis baik itu boyband atau girlband dan kalau modern dance kalian bikin koreo sendiri. Ya kasarannya kalian “jiplak koreo” lah. Tapi dance cover ini ada keunikannya loh, mau tau aja apa mau tau banget nih? Unik nya dance cover ini adalah ketika nge dance, kalian harus “sama” dengan artis yang di cover. Sama dalam artian, muali dari ngartis, attitude, gesture, ya semuanya lah pokoknya.

Aku ikut nge dance sejak kelas 10 SMK. Awalnya sih orang tua bener – bener ngelarang aku buat nge dance, alasannya mungkin karena aku masih baru masuk SMK harus fokus sama pelajaran baru dan kebetulan aku ini anak bontot dan cewek jadinya masih takut buat ngebiarin aku keluar sendiri tanpa dampingan mereka. Tapi lama – kelamaan kedua orang tuaku mengizinkan dan Alhamdulillah sampai sekarang masih rutin ikut latihan. Awal nge dance itu langsung ikut dance cover dan gak basic dance ku 0. Akhirnya di akhir tahun 2013 tim ku nemu member yang Alhamdulillah nya berasal dari anak dance. Dia ngajarin basicbasic gitu ke kita, dan pas awal debut di tanggal 16 Maret 2014, VOLT – nama tim cover ku – menang juara 2 di Kediri. Tanggal itu gak akan pernah aku lupain karena disitulah awal tim ku mulai nunjukkin diri.

April 2014, ada lomba di Grapari Telkomsel Malang yang diadakannya pas hari Sabtu dan akhirnya aku harus ijin di jam terakhir karena lombanya dimulai jam 1. Di lomba itu hanya ada 2 kategori, juara dan juara harapan. Alhamdulillah, walaupun tim baru kita bisa duduk di Juara Harapan 1 dan ngalahin tim yang udah senior. Lucunya, di lomba itu kan ada part di mana ada solo dance yang mainin topi. Waktu temenku mainin topi, salah satu topinya terbang ke belakang panggung dan dia langsung nge freeze kayak batu. Hahaha.

Lanjut 11 Mei 2014, seminggu sebelum UAS tim ku ikut lomba di Ciputra World Surabaya. Alhamdulillah kita masuk di 10 besar tepatnya di urutan ke-6 di antara tim – tim senior. Bukannya gimana atau gimana, cuma gimana gak takjub kalau dihitung tim ku ini kan masih baru dan bisa berjejer sama tim – tim senior. Juni 2014, kami ikut lomba lagi di UM Alhamdulillah kita dapet juara 3.

Lalu yang bener – bener berkesan adalah, tanggal 21 Desember 2014 saat ikut lomba di Tunjungan Plaza Surabaya. Kami berangkat ke Surabaya gak naik mobil atau travel tapi kami bener – bener jadi ‘BOLANG” di sana. Kami berangkat naik kereta dari Stasiun Kota Baru jam 19.00, sampai di Surabaya jam 22.00. Di stasiun, kami naik taxi tapi 1 taxi itu dinaikkin 7 anak. Akhirnya kami sampai di Bungurasih, rumah saudara teman kami. Paginya, untuk sampai di Tunjungan Plaza kami naik bemo –kalau di Malang sih angkot-. Tunjungan Plaza kan banyak tuh, kami sempat nyasar dan ngira lomba itu ada Tunjungan Plaza 1 sedangkan lombanya ada di Tunjungan Plaza 3. Udah panas – panas, jalan, nyasar pula kebeyang gak tuh sakitnya di mana habis itu balik lagi dan jalan lagi? Syukurnya, kami sampai ke tempat yang bener. Setelah lomba, kami cepet – cepet balik ke stasiun karena takut ketinggalan kereta. Di toilet stasiun, kami dapat kabar kalau VOLT dapat Juara I. Aku yang kurang fokus ngira kalau kereta yang mau kita naikin udah ada di jalur 1. Aku yang masih nggak tau apa – apa jadi ikutan lari nyamperin temen – temen yang masih duduk nunggu kereta. Dan mereka bilang lagi kalau tim ku Juara I. 2015, leader ku pergi ke Bekasi untuk nyari kerjaan dan April kemarin baru balik dan sekarang masih proses buat comeback. *mohon doanya biar bisa merebut crown kami*

Ada yang tahu Keone Madrid? Ya, dia adalah salah satu koreografer top dunia sekarang. Dia pernah menciptakan koreografi untuk beberapa boyband Korea Selatan antara lain 2PM – ADTOY, BTS – Dope, BTS – Fire, dan baru – baru ini dia bekerja sama dengan VIXX. Bersama istrinya Marrie, ia juga pernah say hi ke D’Bronisth Famz (salah satu tim dance di Malang yang menjadi tim ku juga). Keone itu koreografer favoritku, karena koreonya yang keren dan beda dari koreografer lain.

 Gambar: Keone Madrid

            Ngomong soal Korea apalagi K-pop, aku itu salah satu fans beratnya mereka. Kyaaaaaa, apalagi BTS ( >o< ). Aku suka K-pop sejak dari kelas 5 SD, awalnya aku suka TVXQ karena mereka ganteng dan masih ber-5. Lama kelamaan aku gonta – ganti fandom sampai akhirnya di tahun 2013 BTS debut dengan ngusung konsep yang bener – bener beda dari kebanyakan boyband senior mereka. Koreo nya yang powerful, lagu yang up beat, dan genre Hiphop yang kental bikin aku terpana pada boyband jebolan BigHit Entertainment ini. Emang sih mereka dari agensi yang kecil, but look them now! Boom! Mereka udah dijejerin sama senior mereka kayak Bigbang!

 

Gambar: Bangtan Seonyeondan (BTS)

            Pengen denger rahasia depanku yang sembunyi gak? Wkwkwk. Jadi begini, dulu pas kecil aku gak punya temen cewek punya satu tapi tomboy kayak aku. Temenku cowok semua, tiap hari main kelereng, karet, layangan, manjat pohon, main di kali dan bolang. Pernah bolang sampai nemu pohon raspberry yang banyak banget durinya, sampai nyolong jagung manis di kebun orang, prosotan pake pelepah pohon pinang, bikin gerabah dari tanah liat tapi kalau punya temennya udah jadi dituker sama yang jelek, bentengan, petak umpet malem – malem dan masih banyak lagi. Pulang dari bolang, kita selalu tidur – tiduran di pohon sawo yang tingginya masyaAllah. Habis itu, manjat pohon jambu yang batangnya licin banget. Aku yang kesel karena gak bisa manjat pohon jambu itu, minta bantuan temenku buat nopang badanku di pundaknya. Dia gak imbang, mulutku kejedot batang pohonnya dan gigi karangku yang depan akhirnya copot. Besoknya, kan tinggal gusi aja tuh ibuku ngedapati aku jilatin gusiku ke belakang. Ibu bilang “jangan digituin, nanti giginya tumbuh ke belakang”, aku yang gak percaya sama mitos masih bandel buat ngelakuin itu dan akhirnya jadilah gigi tidak rataku. Hehehe.

Jadi pada intinya, surga itu ada di bawah telapak kaki ibu /apaan sih/. Wkwk, becanda…. Jadi pada intinya aku itu orang yang biasa aja, suka berteman, punya real friend banyak- yang fake juga ada -, fun, suka ngelucu tapi garing, suka nge dance hiphop dan cover, suka BTS, suka Keone, gesrek, hobi ngedengerin lagu, gak suka lihat sinetron sukanya drama Korea, bisa baca tulis Hangul tapi cuma bisa ngartiin beberapa kata tertentu, suka makanan yang pedes, and the last saya cinta Ilmu Komunikasi hehehe..